Analisa Aset Tetap sebagai Bagian dari Pengelolaan dan Akuntansi Barang Milik Negara Studi Kasus Pada Lembaga Tinggi Negara (BPK RI)

Dalam penyusunan laporan keuangan (Neraca), Barang Milik Negara (BMN) merupakan bagian dari aset pemerintah yang berwujud.  Barang Milik Negara dapat dikelompokkan menjadi aset lancar dan aset tetap.  Aset lancar adalah aset yang diharapkan untuk segera direalisasikan, dipakai, atau dimiliki untuk dijual dalam waktu 12 (dua belas) bulan sejak tanggal pelaporan.  BMN yang diperlakukan sebagai aset lancar adalah BMN yang berupa Persediaan.

Aset tetap adalah aset berwujud yang mempunyai masa manfaat lebih dari 12 (dua belas) bulan untuk digunakan dalam kegiatan pemerintah atau dimanfaatkan oleh masyarakat umum.  BMN yang diperlukan sebagai aset tetap meliputi Tanah; Peralatan dan Mesin; Gedung dan Bangunan; Jalan, Irigasi dan Jaringan; Konstruksi dalam Pengerjaan; dan Aset Tetap Lain.

Untuk tertib administrasi, pengguna barang wajib melakukan pendaftaran dan pencatatan/inventarisasi barang milik negara dalam daftar inventaris barang menurut penggolongan barang dan kodefikasi barang yang ditentukan oleh pengelola barang. Kegiatan ini disebut sebagai penatausahaan yaitu rangkaian kegiatan yang meliputi pencatatan, pendaftaran, pembukuan, dan pelaporan barang milik negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebagai langkah akhir dari pengelolaan barang milik negara adalah berupa pengawasan/pengendalian. Sehingga barang milik negara tetap aman dan dapat digunakan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan negara dan masyarakat.

Kegiatan penatausahaan barang milik negara diatur melalui Pedoman Teknis Akuntansi Barang Milik Negara pada Kementerian Negara/lembaga, KMK No 01/KM.12/2001 tentang Pedoman Kapitalisasi Barang Milik/Kekayaan Negara Dalam Sistem Akuntansi Pemerintah.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) merupakan salah satu Lembaga Tinggi Negara yang ikut serta melaksanakan pengadaan barang milik negara sehingga didalam penatausahaan barang milik negara sangatlah penting untuk mengetahui apakah BPK RI telah melaksanakan pengelolaan aset tetap dan penghapusan barang milik negara sesuai dengan peraturan – peraturan terkait.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s